Header Ads

Cara merawat burung cucak biru yang benar

Cucak biru atau Irena puella mempunyai penampilan yang cantik dengan bulu-bulu berwarna biru menawan. Suara kicauannya memang tidak sevariasi cucak hijau, namun suara kicauan cucak biru mempunyai irama yang cukup menarik. Beberapa tahun lalu cucak biru banyak dicari penggemar burung yang tertarik memeliharanya, namun karena populasinya terus menurun, cucak biru pun semakin sulit didapatkan. 

perawatan cucak biru atau kecembang gadung


Burung cucak biru umum ditemukan di Asia Selatan dan Malaysia, termasuk di hutan-hutan primer Sumatera dan Filipina bagian selatan. Habitatnya adalah hutan lebat, hutan hujan di ketinggian 1800 mdpl, dan daerah hujan di tepi padang gurun dimana keberadaannya tidak terganggu manusia.

Perbedaan cucak biru jantan dan betina bisa dilihat dari penampilan fisiknya. Cucak biru jantan mempunyai bagian tubuh berwarna hitam dengan punggung biru bercorak "jam pasir". Burung betina memiliki warna tubuh biru muda yang lembut dengan sedikit warna biru pada sayap dan warna hitam yang cenderung kusam. 




Cucak biru hidup dengan berpasangan atau bersama-sama dalam sebuah kelompok kecil yang terdir idari 6-8 ekor burung yang kadang bercampur dengan spesies burung lainnya. Mereka tidak biasa bermigrasi namun sering melakukan perjalanan jarak jauh dari satu wilayah untuk mencari pohon yang berbuah melimpah.

Pada waktu musim kawin, kawanan ini akan membubarkan diri dan mencari pasangannya masing-masing untuk kemudian masuk jauh ke dalam hutan yang lebat guna mencari tempat bersarang. Sarangnya sendiri terbuat dari ranting-ranting dan akar-akaran bercampur lumut dan daun-daun kering, sarangnya berbentuk mangkuk terbuka dan dibangun pada ketinggian 20 meter dari atas permukaan tanah.

Sarang tersebut hanya dibuat oleh burung betina saja, tapi setelah telurnya menetas, baik jantan maupun betinanya sama-sama ikut menjaga dan memberi makan anak-anaknya itu.Telur akan menetas dalam waktu 13 hari, dan 12 hari kemudian piyikan bisa keluar dari sarang dan baru bisa mencari makan sendiri setelah berumur 42 hari.

Perawatan Harian

  • Burung diembunkan pada pagi hari dan biar terkena cahaya matahari hingga pukul 08.00
  • Berikan buah buahan segar seperti pisang, apel, jeruk, dll
  • Berikan Jangkrik 3 ekor dan Ulat jerman 1 ekor
  • Mandikan burung lalu angin anginkan
  • berikan lagi jangkrik 1 ekor dan ulat hongkong 1 ekor
  • jemur hingga pukul 09.30 lalu burung dipindah ke tempat teduh dan sejuk
  • Sore hari jam 16.00 berikan jangkrik 3 ekor dan Ulat jerman 1 ekor
  • Jika diperlukan burung bisa dimandikan lagi lalu diangin anginkan
  • 18.00 burung dimasukan ke dalam rumah untuk istirahat sampai besok paginya
  • Jika diperlukan burung bisa dikerodong

Semoga bermanfaat

No comments

Powered by Blogger.