Header Ads

TIps memilih kroto yang baik untuk burung peliharaan

Tidak bisa dipungkiri fungsi kroto sangat vital bagi semua jenis burung peliharaan pemakan serangga. Kroto bisa berguna sebagai sumber protein dan sumber energi yang membuat burung menjadi lebih aktif dan rajin berbunyi. Namun semakin popularnya kroto di kalangan penggemar burung ternyata membuat kualitas kroto malah lebih buruk dari yang sebelumnya. Karena itu tips berikut bisa menjadi panduan dalam memilih kroto yang baik bagi burung peliharaan. 





Sekarang sudah banyak bermunculan peternak-peternak kroto yang memang sudah terjamin kebersihan dan kualitasnya, namun ketika kita membeli kroto di pasaran, maka sering kali menemukan kroto-kroto yang dalam kondisi tidak baik jika dikonsumsi oleh burung. itu lantaran kebanyakan kroto-kroto tersebut dijual hanya sebagai tambahan resep untuk memancing ikan dan bukan sebagai pakan burung, apalagi jika kita mencarinya bukan di toko pakan burung dengan alasan kehabisan kroto. 

Namun seringkali juga meskipun sudah di pasar burung, pedagang menjualnya dalam kondisi sudah terbungkus, sehingga kita kadang tidak mengetahui seperti apa kondisi kroto yang dijualnya, untuk itu beranikan diri anda untuk membuka bungkusannya dan melihat kondisi kroto yang dijualnya. 

Selain itu, ada juga pedagang yang menjual kroto yang sudah lama yang sebelumnya di simpan dalam lemari pendingin atau kulkas. Kroto-kroto ini biasanya telah bercampur air yang membuatnya cepat rusak dan berbau. 

Berikut adalah tips bagaimana memilih kroto yang baik:
  • Kroto yang baik adalah kroto yang tampak bersih, dengan sisa-sisa ranting atau potongan daun serta telur-telur kroto yang berukuran besar dan adanya semut-semut rangrang yang masih hidup.  
  • Jangan beli jika kroto sudah berubah tidak cerah atau cenderung kekuningan dan tidak segar apalagi disertai dengan bau yang tidak sedap. karena rata-rata kroto tersebut sudah basi.
  • Hindari juga membeli kroto yang sudah dicampur pengawet atau formalin, biasanya kroto tersebut memiliki warna yang cerah, sangat bersih dan tidak ada kotoran sedikitpun. 
Kalau sempat, ada baiknya anda membeli langsung kroto-kroto tersebut dari para peternak kroto, atau jika anda memiliki banyak burung pemakan serangga di rumah seperti murai batu, kacer, cucak hijau, ciblek, dll apa salahnya menyediakan satu toples sarang semut untuk dijadikan sebagai persediaan kroto anda selama beberapa bulan. 


No comments

Powered by Blogger.