Ayo buat cucak jenggot cerewet

Selama ini burung cucak jenggot yang sering dicari untuk dilombakan adalah burung yang berjenis kelamin betina, meskipun sebenarnya burung jantan pun memiliki peluang untuk berpenampilan lebih baik. Namun baik burung betina atau jantan, keduanya tak akan tampil maksimal tanpa perawatan harian yang rutin. Karena itulah tabloidburung kali ini akan memberikan resep bagaimana membuat burung cucak jenggot semakin cerewet. 





Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar burung cucak jenggot bisa berpenampilan maksimal, di antaranya adalah: 
Ketiga hal itulah yang bisa saling mendukung sehingga membuat burung cucak jenggot akan semakin bertambah sehat, aktif dan membuat lebih rajin berbunyi alias cerewet. 

Mandi Malam Teratur 

Cucak jenggot yang didapatkan dalam kondisi muda hutan atau bakalan umumya akan cenderung rajin berbunyi ketika kita rutin memberikannya mandi malam selama beberapa hari terapi.  

Mandi malam untuk burung cucak jenggot ini bisa anda lakukan secara rutin antara pukul 19:00 - 2030 malam hari dengan durasi sekitar 10 - 15 menit.  

Setelah burung dimandikan, burung diangin-anginkan kemudian berikan pakan tambahan seperti jangkrik satu ekor saja atau kroto setengah cepuk.

Memberi pakan tambahan
 
Pakan tambahan bagi burung peliharaan adalah satu hal wajib untuk memenuhi kebutuhan protein burung. Begitu juga pada burung cucak jenggot, mereka membutuhkan asupan protein dan zat-zat lain yang dibutuhkan melalui pakan tambahannya. 

Untuk jenis pakan tambahan yang diberikan ini, terdapat dua variasi yang bisa diterapkan pada burung cucak jenggot, yaitu;
Potongan jahe yang dimasukkan ke dalam perut jangkrik
Jika burung cucak jenggot menggemari jangkrik, Anda bisa mencoba cara ini. Masukkan jahe yang dipotong kecil-kecil (seukuran voer burung) ke dalam bagian perut jangkrik, sebelum jangkrik diberikan kepada burung.
Pemberian jangkrik dilakukan ketika burung sedang dianginkan usai mandi malam.

Memberikan pakan racikan
Kalau Anda repot, cara kedua ini bisa diterapkan, yaitu memberikan racikan khusus kepada cucak jenggot. Bahan-bahan:
– Telur bebek mentah (diambil putih telur saja).
– 2 sendok makan kroto segar yang bersih (dipisahkan semutnya)
– 1 potong buah apel, kemudian diparut atau ditumbuk hingga halus. Cara membuat:
Semua bahan dicampur hingga menyatu dengan menggunakan blender atau diaduk menggunakan sendok. Lalu berikan sebanyak 1 sendok teh saja ketika burung sedang diangin-anginkan usai menjalani mandi malam.

Semoga bermanfaat

Labels: ,