Header Ads

Ada Rangkong di Gunung Nagara Garut

Tak banyak orang yang mengenal Gunung Nagara yang terletak di Desa Depok, Garut Selatan. Apa yang bisa ditemukan di Gunung ini memang sama seperti Gunung-Gunung lainnya, seperti lereng yang terdiri dari berbagai lapis pepohonan yang hijau, dengan beragam satwa di dalamnya. Tapi ada satu keunikan dari Gunung Nagara ini, apakah itu?

Gunung Nagara yang tampak seperti bukit hijau

Salah satu keunikan dari Gunung Nagara adalah ternyata Gunung ini merupakan habitat dari burung rangkong (Buceros rhinoceros), jika kita mengunjungi Gunung ini akan tampak sepasang burung rangkong yang sedang ayik bercengkerama di batang pepohonan yang cukup tinggi. Tubuhnya besar namun sangat indah dengan mahkota berwarna oranye yang terdapat pada bagian atas kepalanya. 




Suara kicauannya cukup lantang, dan sepintas mirip suara teriakan monyet. Ketika akan terbang itulah burung rangkong terkadang mengeluarkan suara yang keras, dan ketika akan mendarat kepakan sayapnya akan mengeluarkan suara yang dramatis. 

Selain burung rangkong, keunikan lain yang bisa ditemukan di Gunung Nagara ini adalah banyaknya hewan-hewan langka lainnya seperti kambing hutan, landak, kucing hutan, macan kumbang, burung walik, surili, dan beragam jenis kupu-kupu. 

Itu sebagian dari jenis hewan yang bisa ditemukan, nah kalau untuk tanamannya bahkan lebih semarak dan beragam, mulai dari pohon burahol, menyan, kananga, bintanu, kigaru, binong, dan tumbuhan lainnya yang belum dikenal secara ilmiah.

Tertarik mengunjunginya? Jika anda tertarik melakukan perjalanan wisata alam ke Gunung Nagara ini, maka untuk menuju wilayah ini cukup mudah, dari terminal Garut anda tinggal naik mobil efl jurusan Pameungpeuk lalu turun di Kampung Pagelaran, dan dari kampung tersebut bukit Gunung Nagara sudah terlihat. 

[gosipgarut]

No comments

Powered by Blogger.