Murai batu si burung peliharaan paling popular di dunia

Tidak bisa dipungkiri, burung murai batu merupakan salah satu jenis burung dari keluarga Muscicapidae yang paling populer dan menjadi dambaan banyak penggemar burung di seluruh dunia. Sebagai kicau mania kita patut berbangga hati karena Indonesia merupakan habitat dan penyebaran sebagian besar dari beragam jenis burung murai batu, karena itu pula seharusnya kita bisa menjaga kelestarian burung murai batu liar di habitat aslinya dengan hanya memelihara burung yang didapatkan dari hasil penangkaran.



Tidak sedikit penggemar burung yang membeli burung murai batu bakalan yang merupakan hasil tangkapan hutan, dan tidak sedikit pula burung yang kemudian mati setelah dipelihara beberapa hari atau minggu. Bandingkan dengan kondisi di negara tetangga, yang untuk memelihara burung murai batu ini pun harus mendapatkan surat izin atau lisensi, dan jika kemudian burung peliharaannya itu mati, maka lisensi atau surat izin memelihara burung  akan dicabut dan orang itu tidak akan diizinkan lagi memelihara burung jika terlalu banyak burung peliharaan yang mati karena tidak bisa merawatnya. 

Untuk Indonesia, hal tersebut (penerapan lisensi) nampaknya tidak akan pernah bisa terwujud, karena itu untuk upaya melestarikan burung murai batu liar tetap di habitat aslinya, sebaiknya peliharalah burung yang didapatkan dari hasil penangkaran. 

Selain Asia, di beberapa negara di Eropa, burung murai batu ini pun cukup banyak dicari untuk ditangkarkan. Bahkan bertahun-tahun lamanya spesies burung di Asia sudah mulai dikembangbiakkan secara luas di beberapa negara, sehingga menjadikan spesies burung tersebut memiliki populasi yang cukup banyak sehingga kerap disebut sebagai burung lokal. Misalnya di Hawaii, burung murai batu yang dibawa dari sebuah negara di Asia pada tahun 1931, karena terlalu banyaknya spesies burung yang lepas, burung-burung itu kemudian berkembangbiak dan kini telah memiliki populasi berlimpah, dan bisa ditemukan di hutan-hutan di wilayah Hawaii dan sekitarnya. 

Karena itu pantas kiranya burung murai batu menduduki peringkat pertama sebagai burung populer yang memiliki suara merdu. 

Untuk mendengarkan bagaimana kemerduan suara burung murai batu ini, silakan dengar dan download suaranya di sini: 



Video burung murai batu


 - 

Semoga bermanfaat

Labels: