Header Ads

Merawat burung branjangan yang macet bunyi

Memelihara burung kicauan tidak terlepas dari kondisi burung yang sewaktu-waktu bisa berubah, misalnya burung yang tadinya rajin bunyi atau gacor mendadak menjadi macet bunyi. Hal tersebut bisa berlaku pada semua jenis burung kicauan, termasuk juga burung branjangan. Lalu bagaimana merawat burung branjangan yang macet bunyi? Berikut beberapa bentuk perawatan burung branjangan yang macet bunyi.


 

Idealnya therapy Branjangan adalah dengan mengetahui langsung ke akar permasalahannya, misalnya macet bunyi tersebut adalah disebabkan oleh adanya kutu, gangguan dari lingkungan, pakan yang kurang bagus atau pasokan vitamin dan mineral tidak mendukung, burung yang stress, dan sebagainya

Biasanya setelah ditemukan akar permasalahannya, maka perawatan berikutnya tentu akan lebih mudah. Namun jika kita tidak mengetahui apa sebenarnya penyebab burung branjangan menjadi macet bunyi, maka kita bisa melakukan pengaturan pola rawatan sebagai berikut: 

1. Jaga kebersihan sangkar
Menjaga kebersihan adalah hal yang paling utama dalam perawatan burung, tak terkecuali burung branjangan. Karena kandang yang tidak bersih cenderung akan menjadi sarang bakteri dan kutu, yang bisa mengganggu penampilan burung. Mengganti pasir secara berkala juga menjadi salah satu tindakan bisa mencegah munculnya bakteri atau kutu.

2. Jika burung terinfeksi kutu
Jika burung branjangan terinfeksi oleh kutu, maka penampilannya pun akan berkurang bahkan burung cenderung akan malas berbunyi. Untuk itu pengobatan harus segera dilakukan, misalnya dengan cara memandikan burung dengan obat kutu, atau memandikan dengan air rebusan daun sirih  yang sudah didinginkan selama satu minggu secara rutin. 


3. Menggantung di ketinggian
Burung yang sedang macet bunyi sebaiknya disendirikan dahulu, namun untuk burung branjangan sepertinya sulit karena bentuk sangkarnya yang panjang. Sehingga untuk itu anda bisa menggantung sangkarnya di ketinggian misalnya dengan cara dikerek pada tiang kerekan atau digantung di loteng rumah atau pada dahan pohon yang paling tinggi.

4. Beri pakan hidup 
Pakan hidup yang masih bisa bergerak adalah terapi yang baik bagi burung branjangan. Berikan pakan seperti belalang hijau atau undur-undur beberapa ekor yang langsung dimasukkan dalam sangkarnya. Dengan begitu burug akan mengejar pakan tersebut sehingga akan mengurangi stress dari burung tersebut. 

5. Charge dengan betina
Hal yang paling sering dilakukan para branjangan mania terhadap burung miliknya yang macet bunyi adalah mengecasnya dengan burung betina atau burung trotolan. Sehingga burung akan terpancing untuk berbunyi.

6. Mandi dan jemur yang rutin.
Mandi dan jemur bisa dilakukan secara rutin, untuk mandinbya bisa dilakukan  dengan menyemprot menggunakan sprayer setelan halus, ketika cuaca sedang panas.

 -
Itulah beberapa hal terkait permasalahan burung branjangan yang macet bunyi. Jika perawatan tersebut dilakukam secara rutin dan konsisten, maka burung akan cepat kembali rajin berbunyi seperti sedia kala. 
 

No comments

Powered by Blogger.