Merawat burung samyong agar rajin bunyi

Garugiwa atau burung samyong yang merupakan burung endemik dari Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi burung yang banyak dicari oleh penggemar burung di Indonesia, terutama di daerah Jawa dan Sumatera.  Burung samyong terkenal dengan suara kicauannya yang cukup kencang, meski begitu tidak jarang burung samyong yang dipelihara justru tidak mau menampilkan kemampuan berkicaunya, terutama jika si perawat tidak mengerti bagaimana cara merawat burung samyong agar rajin bunyi.

agar samyong rajin bunyi
 

Di beberapa daerah, burung samyong bisa ditemukan di pasar-pasar burung dalam kondisi bakalan atau hasil tangkapan hutan, kondisi seperti itulah yang menuntut kita harus memberikan beberapa perawatan yang tepat untuk burung bisa bertahan hidup lebih lama dan agar burung samyong rajin bunyi.

Berbeda dengan perawatan burung samyong yang sudah jadi yang secara umum kita tinggal meneruskan perawatan dari pemilik sebelumnya, jika memelihara burung ini dalam kondisi masih bakalan tentu harus melalui beberapa tahap perawatannya, seperti melatih burung makan voer, menjinakkan burung dan membuatnya menjadi rajin berkicau. Untuk itu, mari kita simak beberapa perawatan khusus untuk burung samyong ini.

Jika kebetulan anda memiliki burung samyong yang masih dalam kondisi bakalan atau muda hutan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melatih burung untuk mau memakan voer yang diberikan. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam perawatan hariannya, terutama untuk mereka yang selalu disibukkan dengan pekerjaannya, sehingga sedikit sekali waktu untuk terus memantau mereka setiap harinya.

Melatih agar burung samyong mau makan voer tidak jauh berbeda dengan melatih burung jenis lainnya, untuk itu anda bisa membuka kembali tulisan sebelumnya yang membahas mengenai cara melatih burung mau makan voer di sini.

Perawatan harian untuk samyong
Samyong adalah burung pemakan serangga, namun dalam perawatan hariannya tidak sedikit pula samyong mania yang memberikan pakan tambahan berupa buah-buahan pada burung samyong mereka. Meski tidak semua burung samyong ini menyukai buah-buahan , namun ada juga burung samyong yang sangat suka dengan buah-buahan seperti pisang, potongan apel / peer, pepaya, dsb.

Meski belum diketahui apakah pemberian buah-buahan itu bisa memberikan efek yang baik dalam hal suara atau tingkat kegacorannya, namun buah-buahan tersebut bisa menjadi sumber tambahan nutrisi yang baik bagi burung.

Perawatan lainnya dari segi pemberian pakan adalah serangga. Burung samyong sebaiknya diberikan pakan yang tinggi protein seperti belalang sawah, jangkrik, kroto dan ulat hongkong.

Jangkrik atau belalang bisa diberikan minimal 3 ekor pada pagi dan sore hari, pemberian jangkrik atau belalang ini bisa menentukan apakah burung akan lebih rajin berbunyi, untuk itu silahkan perhatikan berapa jumlah yang bisa membuat burung semakin aktif dan rajin berbunyi, setelah itu anda bisa mengaturnya sebagai setelan hariannya.

Kroto bisa diberikan sebanyak satu sendok teh yang diberikan pada pagi hari atau antara siang hingga sore hari ketika burung sedang bersantai atau beristirahat.

Ulat hongkong bisa diberikan seperlunya saja, yakni hanya untuk tambahan protein bagi burung yang bisa diberikan sembarang waktu.

Sedangkan untuk perawatan lain diluar pakan adalah mandi dan penjemuran.
Pemberian mandi bisa diberikan setiap dua - tiga hari sekali, dan penjemuran dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama ( sekitar 15 menit ), burung samyong termasuk burung yang tidak tahan panas jadi porsi penjemuran sebaiknya tidak perlu menunggu burung sampai membuka paruhnya, karena bisa berakibat burung akan mengalami stress dan dehidrasi.

Pemasteran dengan memutarkan suara kicauan burung lain baik dari media mp3 atau burung masteran bisa dilakukan pada siang hari hingga sore hari atau diluar jam aktif dari burung. Karena ketika burung sedang bersantai atau beristirahat, mereka mudah menerima suara disekitarnya, namun jika dilakukan pada waktu burung sedang aktif-aktifnya maka mereka cenderung mengabaikan suara masterannya dan lebih memilih untuk menyahutinya.

Untuk merangsang agar burung samyong anda cepat bersuara, maka pergunakanlah suara burung samyong betina yang bisa anda download dibawah ini.

Suara burung samyong betina DOWNLOAD
 

- -

Semoga bermanfaat



Labels: