Header Ads

Menariknya suara kicauan merbah gunung

Burung merbah adalah spesies burung yang termasuk dalam keluarga Pycnonotidae, dan merupakan jenis burung yang paling umum di temukan di Indonesia. Perawatannya yang mudah dan suara kicauannya yang cukup merdu mampu memikat hati penggemar burung di Indonesia untuk memeliharanya. Ada banyak jenis burung dari pycnonotidae ini yang cukup populer sebagai burung peliharaan, termasuk juga burung merbah gunung atau Flavescent bulbul (Pycnonotus flavescens) yang memiliki suara kicauan yang juga sangat menarik sebagai suara masteran.


Spesies burung ini memiliki tubuh yang berukuran sekitar 20 cm, dengan tubuh berwarna hijau-zaitun sedangkan pada bagian tunggirnya berwarna kuning terang, dan bagian kekang, wajah, serta tenggorokannya berwarna putih dengan dada berwarna keabu-abuan bercoret dan jambul dikepalanya yang lebat tapi sangat pendek.

Merbah gunung memiliki wilayah penyebaran di India timur laut, Cina barat daya, Asia Tenggara kecuali di semenanjung Malaysia, dan Kalimantan yang meliputi wilayah Gunung Kinabalu hingga murud, Mulu, dan hulu Bahau.  Ada 4 sub-spesies dari burung merbah gunung dengan daerah sebaran yang berbeda, yaitu:
  1. Pycnonotus flavescens flavescens ditemukan di India bagian timur-laut (Assam, Meghalaya, Nagaland, Bukit Lushai, juga di Arunachal), Bangladesh bagian timur-laut dan Myanmar (termasuk Perbukitan Arakan).
  2. Pycnonotus flavescens vividus ditemukan di China Selatan (Yunnan), Myanmar utara & timur, Thailand barat-laut (sampai TN Kaeng Krachan), Laos dan Vietnam bagian utara.
  3. Pycnonotus flavescens sordidus ditemukan di Laos dan Vietnam selatan (termasuk Da Lat plateau).
  4. Pycnonotus flavescens leucops ditemukan di Kalimantan bagian utara (Gn Kinabalu, Gn Mulu, Gn Murud, dan Gn Lunjut).
 Untuk contoh suara kicauannya bisa anda dengarkan di bawah ini : 

Suara kicauan merbah gunung 



Suara kicauan merbah gunung 





No comments

Powered by Blogger.