Alternatif perawatan agar pleci rajin berbunyi

Merawat dan memelihara burung kicauan  semestinya tidak membuat kita bertambah stress, melainkan kita harus menganggapnya sebagai bentuk kesenangan dan tanggung jawab (karena kita berurusan dengan mahluk hidup). Banyak alternatif perawatan yang bisa dilakukan jika burung tetap tidak mau menampilkan performa terbaiknya, seperti halnya alternatif perawatan agar pleci rajin bunyi berikut ini.




 
Salah satu tantangan dalam merawat burung kicauan termasuk burung pleci adalah bagaimana membuat burung tetap menampilkan lagu dan nyanyiannya setiap hari,dan untuk mendapatkan burung dengan kriteria tersebut maka diperlukan perawatan yang rutin yang kita kenal sebagai perawatan harian. 

Nah perawatan harian ini terdiri dari beberapa pola rawatan yang mencakup pemberian pakan dan minumnya, serta pemberian mandi dan jemurnya. Hal-hal tersebut harus menjadi salah satu bentuk kegiatan yang rutin dilakukan setiap harinya oleh si pemilik burung agar burung miliknya itu tetap berada pada jalurnya (jika burung sudah dalam kondisi gacor / rajin bunyi).

Pleci atau mata puteh adalah burung yang populer dan banyak dipelihara kicau mania di seluruh kawasan Asia. Sifat, karakter dan suara kicauannya yang unik membuat banyak penggemar burung tertarik untuk memelihara dan merasa tertantang untuk bisa membuat pleci mereka "BUKA" atau "BUKA PARUH" (sebutan untuk pleci yang telah bersuara dengan lantang).

Beberapa hal berikut ini bisa menjadi panduan dalam perawatan harian dalam rangka mengkondiskan burung pleci agar tetap stabil, dan rajin berbunyi yang bisa merangsang burung pleci tersebut untuk cepat buka paruh.

Namun sebelumnya, beberapa karakter pleci berikut ini perlu kiranya kita ketahui:

Makanan untuk pleci
Secara umum burung pleci yang diberikan berbagai jenis makanan tertentu akan menunjukkan perubahan dalam kotoran atau sikapnya, berikut beberapa contoh pemberian pakan dan efeknya pada burung pleci:
Mabung pada pleci
Seperti juga perawatan mabung pada burung kicauan jenis lainnya, mabung pada burung pleci bisa dilakukan dengan beberapa bentuk perawatan sebagai berikut:

Memandikan pleci
Karena pleci termasuk burung koloni, dan jika di rumah anda memelihara beberapa ekor burung pleci maka dalam pemberian mandinya pun sebaiknya dilakukan secara bersama-sama, misalnya dengan menggunakan kandang mandi dobel atau saling antri menunggu giliran mandinya.

Suara kicauan pleci
Burung pleci memiliki tahapan-tahapan dalam proses berkicaunya yang dimulai dari ngeriwik hingga buka paruh, untuk itu beberapa hal berikut ini bisa membuat burung lebih rajin berbunyi dan mempercepat proses bersuara lantang atau buka paruh pada burung pleci;
-
Itulah beberapa hal yang paling mendasar dalam perawatan burung pleci yang banyak dilakukan oleh pleci mania yang berada di negara tetangga kita. Bagi yang masih kesulitan dengan perawatan burung plecinya mungkin bisa mengadaptasi bentuk perawatan seperti di sebut di atas, yang mudah-mudahan bisa memberikan hasil yang signifikan pada burung rawatannya.

Sekali lagi yang terpenting dalam perawatan burung kicauan adalah berusaha untuk mempermainkan burung bukan burung yang mempermainkan anda.

Semoga bermanfaat

: merawat pleci agar rajin bunyi , perawatan burung pleci untuk pemula , cara merawat burung pleci , agar pleci rajin bunyi , agar pleci buka paruh , merawat pleci agar rajin bunyi , perawatan burung pleci untuk pemula , cara merawat burung pleci , agar pleci rajin bunyi , agar pleci buka paruh ,

Labels: ,