Header Ads

Alternatif perawatan agar pleci rajin berbunyi

Merawat dan memelihara burung kicauan  semestinya tidak membuat kita bertambah stress, melainkan kita harus menganggapnya sebagai bentuk kesenangan dan tanggung jawab (karena kita berurusan dengan mahluk hidup). Banyak alternatif perawatan yang bisa dilakukan jika burung tetap tidak mau menampilkan performa terbaiknya, seperti halnya alternatif perawatan agar pleci rajin bunyi berikut ini.




 
Salah satu tantangan dalam merawat burung kicauan termasuk burung pleci adalah bagaimana membuat burung tetap menampilkan lagu dan nyanyiannya setiap hari,dan untuk mendapatkan burung dengan kriteria tersebut maka diperlukan perawatan yang rutin yang kita kenal sebagai perawatan harian. 

Nah perawatan harian ini terdiri dari beberapa pola rawatan yang mencakup pemberian pakan dan minumnya, serta pemberian mandi dan jemurnya. Hal-hal tersebut harus menjadi salah satu bentuk kegiatan yang rutin dilakukan setiap harinya oleh si pemilik burung agar burung miliknya itu tetap berada pada jalurnya (jika burung sudah dalam kondisi gacor / rajin bunyi).

Pleci atau mata puteh adalah burung yang populer dan banyak dipelihara kicau mania di seluruh kawasan Asia. Sifat, karakter dan suara kicauannya yang unik membuat banyak penggemar burung tertarik untuk memelihara dan merasa tertantang untuk bisa membuat pleci mereka "BUKA" atau "BUKA PARUH" (sebutan untuk pleci yang telah bersuara dengan lantang).

Beberapa hal berikut ini bisa menjadi panduan dalam perawatan harian dalam rangka mengkondiskan burung pleci agar tetap stabil, dan rajin berbunyi yang bisa merangsang burung pleci tersebut untuk cepat buka paruh.

Namun sebelumnya, beberapa karakter pleci berikut ini perlu kiranya kita ketahui:
  • Pleci yang masih muda atau pleci yang sudah berusia tua biasanya ditentukan dari ketebalan lingkaran putih di matanya atau dari kakinya yang bersisik.
  • Seperti lovebird, pleci sangat menyukai merobek-robek kertas sebagai tanda bahwa burung tersebut siap kawin.
  • Sering-sering berinteraksi dengan pleci yang baru dibeli dan juga sering memandikannya.
  • Bawa burung pleci jalan-jalan untuk berinteraksi dengan alam dan udara segar dalam rangka menstabilkan "mood' nya.

Makanan untuk pleci
Secara umum burung pleci yang diberikan berbagai jenis makanan tertentu akan menunjukkan perubahan dalam kotoran atau sikapnya, berikut beberapa contoh pemberian pakan dan efeknya pada burung pleci:
  • Pleci yang sering diberi makan dengan nektar, potongan buah dan voer maka kotorannya cenderung basah.
  • Pleci yang sering diberi makan dengan water chestnut atau biasa disebut dengan bengkuang cina maka kotorannya cenderung kering.
  • Pleci yang sering menarik pantatnya itu artinya burung tersebut dalam kondisi panas, berikan buah yang bersifat mendinginkan.
  • Pleci yang sudah berusia sebaiknya diberikan makanan full buah, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan kering/voernya maka pleci tersebut akan cenderung mudah mabung atau rontok bulu.
  • Tidak baik memberikan pakan serangga yang berlebihan pada burung pleci, seperti ulat hongkong atau ulat kandang.
  • Jika burung pleci dibiarkan berada dalam ruangan tanpa ventilasi atau udara segar untuk waktu yang lama, maka pleci cenderung mudah haus dan banyak minum air, itu pula yang menyebabkan kotorannya berair.
Mabung pada pleci
Seperti juga perawatan mabung pada burung kicauan jenis lainnya, mabung pada burung pleci bisa dilakukan dengan beberapa bentuk perawatan sebagai berikut:

  • Mandikan burung pleci pada malam hari dengan air dingin selama mabung (air dari kulkas atau air yang diberi es batu)
    Perubahan mendadak dalam pola makan hariannya akan membuat pleci jadi mabung.
  • Memberi pleci makanan seperti anakan ikan gendol / guppy bisa membantu proses mabungnya.
  • Memberi pleci makanan voer yang dicampur dengan kuning telur juga bisa membantu proses mabungnya.
  • Selama mabung burung pleci sebaiknya diberikan buah seperti pepaya, water chestnut (bengkuang cina) atau gambas.
  • Mengkerodong burung selama mabung juga merupakan tindakan yang tepat.
Memandikan pleci
Karena pleci termasuk burung koloni, dan jika di rumah anda memelihara beberapa ekor burung pleci maka dalam pemberian mandinya pun sebaiknya dilakukan secara bersama-sama, misalnya dengan menggunakan kandang mandi dobel atau saling antri menunggu giliran mandinya.
  • Pleci bisa mandi secara bersamaan dalam karamba mandi yang berjejer.
  • Perhatikan air yang akan digunakan untuk mandi sebaiknya tidak melewati batas perut mereka, karena air bisa masuk dalam rongga hidungnya yang menyebabkan burung mudah sakit atau terkena flu atau bersin.
  • Mandikan burung dalam paparan cahaya matahari selama 30 menit pada pagi hari atau pada petang hari.

Suara kicauan pleci
Burung pleci memiliki tahapan-tahapan dalam proses berkicaunya yang dimulai dari ngeriwik hingga buka paruh, untuk itu beberapa hal berikut ini bisa membuat burung lebih rajin berbunyi dan mempercepat proses bersuara lantang atau buka paruh pada burung pleci;
  • Pada umumnya, burung pleci akan cenderung mengeluarkan suara ngeriwiknya setiap waktu, namun pada waktu-waktu tertentu mereka biasanya menunjukkan suara yang berbeda yang dilagukan dengan lantang yang biasanya pada pagi dan sore hari, serta pada waktu hujan turun.
  • Gantung sangkar pleci pada bagian batang pohon yang lebih tinggi untuk memancingnya bersuara lebih kencang, yang bisa mempercepat proses buka paruhnya.
  • Berikan pleci dengan makanan berupa jeruk ketika pleci tiba di rumah setelah diajak latberan atau jalan-jalan untuk membantu mencuci perut mereka.
  • Sering melatih burung pleci dengan pleci lainnya mempercepat proses penjinakan pada pleci tersebut.
-
Itulah beberapa hal yang paling mendasar dalam perawatan burung pleci yang banyak dilakukan oleh pleci mania yang berada di negara tetangga kita. Bagi yang masih kesulitan dengan perawatan burung plecinya mungkin bisa mengadaptasi bentuk perawatan seperti di sebut di atas, yang mudah-mudahan bisa memberikan hasil yang signifikan pada burung rawatannya.

Sekali lagi yang terpenting dalam perawatan burung kicauan adalah berusaha untuk mempermainkan burung bukan burung yang mempermainkan anda.

Semoga bermanfaat

: merawat pleci agar rajin bunyi , perawatan burung pleci untuk pemula , cara merawat burung pleci , agar pleci rajin bunyi , agar pleci buka paruh , merawat pleci agar rajin bunyi , perawatan burung pleci untuk pemula , cara merawat burung pleci , agar pleci rajin bunyi , agar pleci buka paruh ,

No comments

Powered by Blogger.