Header Ads

Ulat jerman bisa membuat tledekan laut tambah rajin berbunyi

Burung sikatan biru-putih atau populer dengan sebutan tledekan laut (Cyanoptila cyanomelana) termasuk salah satu jenis burung kicauan yang banyak dipelihara penggemar burung di Indonesia. Meskipun suara kicauannya tidak sekeras dan selantang tledekan gunung  namun kemerduan suara kicauan tledekan laut mampu menarik hati para pecinta burung. Banyak ragam perawatan yang dijalankan agar burung tledekan laut miliknya mau bersuara dengan lebih rajin, termasuk juga memberikan pakan ulat jerman yang diyakini bisa membuat burung tledekan laut tambah rajin berbunyi. 





Efek ulat jerman yang bisa membuat burung tledekan laut menjadi rajin berbunyi itu sudah dibuktikan oleh om Yudha (yudhagonzaga) yang menyebut bahwa setelah burungnya itu rutin diberikan ef ulat jerman ternyata efeknya cukup luar biasa.

Dalam perawatan burung tledekan lautnya itu, om Yudha mengaku hanya memberikan ulat jerman sebanyak satu ekor saja yang diberikan pada pagi dan malam harinya, sedangkan untuk pakan lain seperti jangkrik  ia mengaku tidak memberikannya kepada burung kesayangannya itu alias distop pemberiannya.

Ulat jerman memiliki kandungan gizi dan protein yang lebih tinggi dibanding ulat hongkong, selain itu kandungan khitin dari kulitnya yang keras (exoskeleton) masih dianggap cukup aman dibanding yang terdapat pada ulat hongkong.
Berikut kandungan gizi dari ulat jerman:
  • Protein : 19,06 %
  • Lemak : 14,19 %
  • Kalsium : 173 ppm
  • Serat kasar: 2,60 %
Karena itu, jika anda kebetulan memiliki burung tledekan laut ini, mungkin anda bisa menerapkan perawatan seperti yang dilakukan oleh om Yudha, yaitu dengan memberikan pakan ulat jerman satu ekor yang diberikan pada pagi dan sore harinya. 

Untuk pakan tambahan lain seperti jangkrik kecil, atau kroto mungkin masih bisa diperlukan, mengingat burung peliharaan butuh asupan nutrisi yang lengkap, kecuali anda secara teratur dan rutin memberikan multivitamin pada burung peliharaan anda di rumah.

Dalam pemberiannya, ulat jerman yang berukuran terlalu besar bagi burung kecil seperti tledekan laut, bisa dipotong-potong terlebi dahulu agar mudah dikonsumsi oleh burung.
Selain ulat jerman, alternatif lain agar burung tledekan laut rajin berbunyi adalah dengan memberikan pakan ulat kandang sebanyak setengah cepuk makan yang diberikan pada pagi hari sebelum atau sesudah burung dimandikan.

Semoga bermanfaat

No comments

Powered by Blogger.