Resep joss merawat cendet mabung

Merawat cendet mabung tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicauan jenis lainnya, hanya saja di sini kita lebih berfokus pada pakan hariannya. Hal tersebut agar proses mabung bisa berjalan dengan serentak atau mabung total, sehingga proses mabung ini bisa berjalan lebih sempurna dan tanpa gangguan.



merawat cendet mabung


Secara umum tanda-tanda burung cendet mabung, bisa diperhatikan dari beberapa kondisi sebagai berikut: 
Jika anda melihat kondisi seperti tersebut di atas, maka persiapkanlah untuk mulai memberlakukan perawatan mabung pada burung anda. 

Perawatan mabung pada burung cendet bisa dimulai dengan menambahkan pakan / voer ayam broiler (BR 1) ke dalam voer yang biasa diberikan pada burung, dengan perbandingan 50:50 saja.

Selain itu, pemberian pakan tambahan seperti ulat hongkong bisa diberikan lebih banyak dari biasanya, contohnya ulat hongkong diberikan sebanyak 5-10 ekor pada pagi dan sore hari. 

Kroto bisa diberikan setiap hari sebanyak satu sendok makan.

Full kerodong bisa dilakukan pada tahap-tahap awal proses mabung burung. 

Pemberian mandi dan jemur untuk sementara dihentikan selama bulu-bulu burung masih berjatuhan atau rontok bulu. Setelah burung mulai menumbuhkan bulu baru maka porsi mandi bisa diberikan lebih banyak dari biasanya, misalnya dua - tiga kali sehari. 

Hindari mempertemukan dengan burung sejenis, agar burung tidak terlalu mengeluarkan energi yang tidak perlu. 

Dengan perawatan yang rutin, masa mabung burung cendet akan berjalan lebih cepat dan tanpa gangguan, sehingga dalam dua - tiga bulan , bulu-bulu baru sudah tumbuh kembali, Sehingga burung bisa kembali tampil lebih maksimal. 












Labels: