Perawatan dan membuat trucukan rajin berbunyi

Trucukan atau di daerah Jawa Barat dikenal sebagai burung jog-jog memang cukup populer sebagai burung peliharaan. Selain murah meriah, suara kicauan burung trucukan ini juga banyak di manfaatkan untuk melatih burung cucak rawa mengeluarkan suara ropelannya. Selain itu, burung trucukan ini pun memiliki gaya yang khas yagn disebut dengan gaya Garuda. Lalu bagaimana cara membuat burung trucukan rajin berbunyi.




Agar burung mau bersuara dengan rajin, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah memperbaiki pola perawatan hariannya. Dengan perawatan yang tepat, dan rutin serta konsisten, maka akan didapatkan burung yang rajin berbunyi . 

Perawatan harian burung trucukan tidak lepas dari pakan dan perawatan tambahan lainnya, seperti mandi, jemur, dan menjaga kebersihan sangkarnya. Berikut beberapa perawatan sederhana tetapi cukup efektif untuk membuat burung truuckan mau rajin berbunyi. 

1. Mandi
Burung trucukan dikenal sangat menyukai mandi, terutama pada pagi hari dan siang hari. Karena itu siapkan bak mandi kecil yang bisa dimasukkan ke dalam sangkarnya agar burung tersebut bisa mandi ke dalam bak mandi tersebut, atau jika burung terbiasa di semprot maka lakukan penyemprotan dengan menggunakan sprayer untuk memandikan burung. 


2. Menjaga kebersihan
Hal paling penting dalam perawatan semua jenis burung kicauan adalah menjaga kebersihan sangkar, tempat makan dan tempat minumnya. Sangkar yang bersih akan membuat burung lebih aktif, lincah yang membuatnya lebih rajin berbunyi.

3. Memberi pakan yang tepat.
Burung trucukan adalah burung yang menyukai buah-buahan dan serangga. Berikan makanan tersebut setiap harinya, terutama untuk jenis buah-buahan. 
Selain dari pakan buah dan serangga, anda juga bisa membuat sendiri resep makanan khusus yang bisa merangsang burung untuk lebih rajin berkicau. Untuk resep tersebut, akan dijelaskan pada di bawah ini. 

4. Memberi teman 
Burung trucukan termasuk burung koloni seperti juga burung pleci, karena itu salah satu memancing burung agar lebih rajin berbunyi adalah dengan menambah burung trucukan yang anda pelihara, dengan demikian mereka akan saling sahut-sahutan yang semakin keras dan berambah rajin setiap harinya.  Selain itu juga bisa memancing burung untuk menunjukkan gaya garudanya yang khas.
-
Berikut resep makanan untuk burung trucukan agar rajin berbunyi:

Bahan-bahan:

Cara membuat

Labels: ,