Buah untuk murai batu

Selama ini burung pemakan serangga seperti murai batu hanya dianggap sebagai burung yang murni memakan serangga sebagai pakan utamanya. Namun, ternyata burung murai batu juga sangat menyukai buah-buahan, terutama buah yang sudah di racik sedemikian rupa. Lalu apa manfaat burung murai batu memakan buah-buahan? Manfaat paling utama selain membuat burung lebih aktif karena energi tambahan dari nutrisi yang terdapat dalam buah-buahan tersebut, burung murai batu juga diyakini akan memiliki suara yang lebih kencang atau kristal. 




Buah-buahan yang bisa diberikan pada murai batu bisa berupa buah apa saja, tetapi akan lebih baik lagi jika burung murai batu hanya diberikan buah-buahan seperti apel atau pir saja, karena sudah terbukti efeknya pada burung murai batu, sebagaimana yang pernah dan sering dilakukan oleh para penggemar burung murai batu yang sering mengkonteskan burung kesayangannya itu. 

Namun dalam pemberiannya, buah-buahan tersebut tidak diberikan dalam bentuknya, melainkan bisa menggunakan beberapa macam cara seperti:
  1. Memotong kecil-kecil seukuran bentuk dari voer kasar. 
  2. Buah di parut lalu dicampur dengan kroto
  3. Buah diberikan pada jangkrik atau ulat hongkong/ ulat jerman beberapa menit sebelum diberikan pada burung. 

Menurut penulis sendiri, cara terbaik memberikan buah-buahan pada burung murai batu adalah dengan menggunakan cara nomor dua yaitu buah-buahan ( apel / pir ) diparut hingga menjadi butiran lembut, lalu diperas untuk membuang kadar air yang berlebihan, setelah itu dicampur dengan kroto segar. 

Selamat mencoba

Labels: ,