Header Ads

Pemilihan dan pemasteran burung pleci

Merawat pleci memang butuh ketekunan dan kesabaran apalagi jika membeli dalam kondisi masih bahan ( di ombyokan lagi.. ). Namun yang unik adalah bermain pleci hampir sama dengan bermain taruhan ( bukan dalam arti negatif loh gan ! ) karena ada kicau mania bogor yang membeli pleci dalam kandang ombyokan di pasar burung, begitu dirawat dua-tiga hari burung tersebut malah langsung ngeplong tetapi ada juga yang memelihara berbulan-bulan, toh si pleci tetap pada kondisinya sperti biasa ( cuma ciak-ciakan atau cuma ngeriwik saja ). Nah karena itulah, Kicau mania Bogor kebetulan mendapatkan informasi mengenai bagaimana pemilihan pleci dan cara pemasteran pleci, jadi silahkan disimak ya..


Pemilihan burung pleci


  • Pilih burung pleci yang sebaiknya masih muda jika anda ingin memusatkan isian pleci anda (Jika anda ingin pleci anda mempunyai 1 macam isian, karena 1 macam isian akan memungkinkan pleci anda cepat dan mau ngeroll, pleci dengan banyak isian cenderung hanya ngriwik kasar, butuh waktu lama menjadikannya ngeroll)
  • Warna bulu cenderung pucat karena masih muda
  • Bulu tebal, saya pastikan setelah saya survey bahwa pleci dengan bulu tebal akan cepat jinak, dan cocok dimaster pada sore atau malam hari. Alasannya sangat simple, karena pleci dengan bulu tebal akan tidak mudah merasa dingin, sehingga saat dimaster pleci akan tidak gelisah merasa kedinginan. Bila anda masih ragu, buktikan.
  • Pangkal paruh lebar, ketebalan paruh yang sedang-sedang saja, tdk terlalu tebal atau tidak terlalu tipis,serta bentuk paruh panjang & lurus
  • Ekor pastikan tidak cacat, mulus. Usahakan carilah yang ekornya lebar dan banyak, itu menandakan pleci itu sudah lama disangkar (Cenderung Jinak)
  • Dan yang paling utama, jika anda memilih pleci dalam satu sangkar lebih dari 1 burung (Dalam istilah orang jawa Ombyokan) Carilah pleci yang menggunakan nada panggilan berbeda. Apabila pleci yang biasa hanya menggunakan nada panggilan Ciew satu kali, intinya carilah yang suaranya paling berbeda, istimewa dan dilakukan berulang-ulang (aktif dalam menggunakan nada panggilan) Hal tersebut mendandakan mental pleci.

Enam hal tersebut hanya faktor pokok yang bisa diterapkan dalam memilih pleci, tapi anda bisa juga mencari referensi lain, dengan demikian jika sudah memiliki modal pengetahuan bagaimana membeli dan memilih burung pleci yang bagus, besoknya anda bisa langsung cabut ke pasar burung..

Proses Pemasteran untuk pleci
  • Masukan pleci dalam sangkar yang tidak terlalu kecil, mempengaruhi tingkat kestreesan pleci yang baru dipisah dari koloninya.
  • Tutuplah sangkar pleci dengan krakap atau menggunakan apapun yang dapat menutupi pleci dari lingkungan luar. Atau anda dapat meletakkan dalam ruangan eksklusif tanpa suara burung lain selama kurang lebih 2-3 hari.
  • Setelah melalui masa karantina selama 2-3 hari, jemurlah pleci, usahakan bersama pleci yang lain. Hal tersebut akan membuat pleci merasa nyaman setelah 2-3 hari tidak bersama pleci dalam koloni. Lakukan penjemuran secara bertahap, contohnya pada hari pertama jemur selama 1 jam, hari kedua tambahkan durasinya menjadi 2 jam dan seterusnya. Hal itu dapat meningkatkan ketahanan fisik pleci.
  • Kemudian angina-anginkan pleci bersama burung yang ingin menjadi master pleci anda. Sebaiknya jangan sampai pleci mendengar suara burung lain jika anda benar-benar ingin memusatkan isian pleci anda. Alangkah baiknya jika anda mengangin-anginkan pleci anda pada tempat yang jauh dari keramaian.
  • Setelah sore hari, krakaplah pleci disebelah burung yang akan anda jadikan master. Usahakan ditempat yang eksklusif hanya pleci dan burung yang akan anda jadikan master. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga pleci anda sudah merekam suara masternya. Agar hasilnya maksimal, usahakan burung yang akan anda jadikan master adalah burung yang gacor dan rajin berkicau.
  • Pada pagi hari sekitar jam 5, angin-anginkanlah pleci anda. Hal itu akan membuat pleci anda mengingat suara kicau masternya. Setelah diangin-anginkan lanjutkan kepenjemuran seperti pada tahap sebelumnya.
  • Lakukanlah tahap-tahap diatas terus menerus, minimal satu bulan. Namun semakin lama proses tersebut anda lakukan, semakin matang pleci anda.

Siap mencoba ?

Sumber : Kaskus.co.id

No comments

Powered by Blogger.