Header Ads

Asyiknya wisata sambil diserang burung


Inggris - Apakah anda pernah mengalami diserang seekor burung? Di Pulau Farne, diserang sekawanan burung justru menjadi wisata unik yang digemar para wisatawan. Mengapa demikian?
Pulau Farne adalah sebuah pulau terpencil di kawasan Teluk Northumberland, Inggris. Pulau itu adalah satu dari 20 pulau di sana yang menjadi rumah bagi anjing laut dan koloni burung laut.  
Nah, Pulau Farne termasuk tempat yang dilindungi keberadaannya  oleh National Trust Ranger. Keunikan pulau ini membuatnya menjadi daerah kunjungan wisata di Northumberland.

Begitu mendarat di Pulau Farne, wisatawan akan diserang oleh kawanan burung berwarna putih. Hewan-hewan itu tidak segan untuk mengejar, mematuk atau bertengger di kepala wisatawan yang datang. Tidak jarang para burung menjatuhkan “pup” mereka ke tubuh wisatawan.


Meskipun diserang dan diberi hadiah “pup”, para wisatawan menyenanginya. Mereka juga sibuk memotret aksi para burung. Tidak jarang kamera itu pun ikut dipatuki oleh burung. Aksi para burung itu tidak membuat para wisatawan takut, sebaliknya mereka terlihat gembira sekali.

Lalu, mengapa para burung selalu menyerbu wisatwan yang datang, ya? ternyata perilaku burung itu hanya untuk melindungi telur, sarang, dan anak burung yang baru menetas. Kawanan burung itu tidak mau manusia mencelakakan mereka.

Menurut petugas di Pulau Farne, kebanyakan sarang burung itu berada di dekat jalan setapak bagi para wisatawan. Karena itu, burung-burung sangat curiga bila ada yang mendekati sarang mereka. 



Tidak jarang para petugas yang mengusir burung camar, juga ikut diserang atau diberi hadiah “pup”. Padahal mereka sebenarnya membantu melindungi anak-anak burung itu dari serangan burung camar yang menjadi pemangsa. 

Wisata serangan burung ini, mirip dengan kisah dalam film buatan sutradara terkenal Alfred Hitchcook, The Birds. Film klasik buatan tahun 1963 itu berkisah serangan kawanan burung di Teluk Bodega, California. Burung-burung secara misterius menyerang manusia dan hewan apapun yang ada di sana.

Salam kicau.



Powered by Blogger.