Perawatan lovebird agar rajin berkicau

Lovebird digemari karena warnanya yang menarik dan suaranya yang cenderung tajam dan rapat. lovebird inipun bisa bermacam-macam jenisnya, selain dipelihara untuk di dengarkan suaranya atau untuk dilombakan banyak juga yang memelihara lovebird ini untuk tujuan penangkaran dan bahkan sudah banyak jenis jenis baru yang merupakan mutasi genetik hasil persilangan antara jenis lovebird yang satu dengan yang lainnya. 
Perawatan harian 

Rawatan harian untuk lovebird dimulai dengan menyediakan makanannya yang cukup setiap harinya, juga kandang yang bersih agar lovebird selalu terhindar dari berbagai macam bakteri atau kutu. 
Membuat lovebird rajin bunyi

Banyak kicaumania penggemar lovebird ini yang memberikan terapi mandi basah untuk lovebirdnya agar tambah rajin bunyinya yaitu dengan cara menyemprot burung hingga basah kuyup lalu menjemurnya hingga kering begitu seterusnya selama berkali-kali, jika kondisi burung sudah kering kemudian disemprot lalu dijemur lagi, dengan catatan selama matahari belum terik, jika panasnya terasa terik maka burung diangin-anginkan saja. 
terus terang, saya sendiri belum pernah mencoba tips yang demikian tetapi banyak juga yang sudah pernah mencoba terapi tersebut yang dilakukan tiga kali seminggu dan kemudian burung lovebirdnya jadi bertambah gacor. 

Selain tips diatas ada juga yang menerapkan metode pemberian pakan milet putih setiap harinya serta pemberian sedikit garam pada makanannya, garam memang diketahui mampu membuat aktifitas burung menjadi lebih agresif, baik dari tingkah laku dan juga kicauannya, tetapi pemberiannya jika berlebihan malah bisa menjadi tidak menguntungkan bagi burung.  
cara pemberiannya bisa dengan menggunakan kangkung atau sayuran yang telah dibasahi dengan air garam dan diberikan secara berkala setiap dua kali selama seminggu.

semoga bermanfaat

Labels: ,