Masalah utama pada burung kacer

Kacer adalah burung yang paling banyak di pelihara oleh penggemar burung kicauan yang ada diseluruh indonesia selain keberadaannya yang mudah didapatkan juga harganya yang cenderung masih murah, jadi mungkin itulah sebabnya semua permasalahan mengenai burung ini masih selalu menarik perhatian penggemar burung kicauan khususnya di indonesia.


Permasalahan Utama Kacer

Masalah utama yang kerap terjadi pada kacer sering berkaitan dengan perawatan, pemberian pakan, serta kondisi mental dari burung tersebut , misalnya : kacer yang mbalon, kacer yang mbagong dan kacer yang mbedesi.

Pola perawatan harian yang tidak teratur juga bisa membuat burung menjadi berubah baik dari segi mental maupun kegacorannya. seperti misalnya pemberian mandi yang biasanya berlaku setiap hari kini menjadi seminggu dua kali atau kurang, juga misalnya porsi penjemuran yang tidak konsisten alias jemur asal-asalan atau asal kena panas dan tidak memperhitungkan waktu yang tepat untuk menjemur dan lama penjemuran. juga bagian terpenting adalah pemberian pakan untuk kacer setiap harinya. pemberian pakan yang tidak bervariasi atau hanya itu-itu saja akan membuat burung lebih mudah ngedrop akibat kekurangan nutrisi untuk kacer yang merupakan burung pemakan serangga ini diperlukan pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan itu hanya bisa didapatkan dari pemberian serangga semisal jangkrik, ulat ataupun serangga lainnya, jika kekurangan hal-hal tersebut maka ada kemungkinan kacer akan lebih mudah mengalami kondisi mbagong akibat kurangnya asupan pakan tambahan yang bergizi tinggi, oleh karena itulah kebutuhan akan vitamin dan suplemen untuk burung kicauan adalah sangat diperlukan untuk menyeimbangkan asupan energi dan nutrisi yang didapatkan dari pemberian pakan tambahan dan pakan hariannya.

Kondisi dimana kacer mbagong itu sendiri bisa saja dipicu oleh banyak hal yang diantaranya adalah :

Bagaimana mengobati kacer yang sudah terlanjur mbagong

Dalam artikel ini dijelaskan terapi untuk kacer mbagong adalah dengan memberinya mandi pasir (http://omkicau.com/2010/03/05/mandi-pasir-untuk-burung-fungsi-dan-tata-caranya/)
Satu hal yang penting dalam penanganan kacer mbagong adalah keteraturan atau konsistensi dari rawatan harian baik itau dari segi mandi - jemur dan juga pemberian Ekstra Fooding serta didukung dengan pemberian suplemen baik berupa vitamin atau mineral. 

Pemberian EF misalnya untuk kacer yang mbagong bisa dengan merubah kembali setelan pemberian EFnya misalnya dengan menaikan atau menurunkan porsi dari EF yang biasa diberikan sehari-hari atau menjelang lomba. dengan demikian bisa ditemukan setelan yang pas untuk mencegah burung kembali dalam kondisi bagong sewaktu diarena lomba.

Mandi malam teratur juga bisa memberikan sedikit perubahan pada kondisi birahi burung  terlebih dalam kondisi mbagong.

Masalah kacer yang salto

Selain mbagong , permasalah lain yang kerap menghinggapi kacer adalah burung salto. disini ada berbagai penyebab dari kenapa burung menjadi salto diantaranya : 
untuk mengatasi masalah salto tersebut, tentulah bukan proses yang instan dalam artian burung harus dilatih dahulu agar bisa melupakan gerakan tersebut misalnya dengan cara memberikan tangkringan tambahan yang bisa mengurangi keinginan burung untuk salto atau juga dengan memasang tali kenur pada bagian atas sangkarnya.

Oke, itulah berbagai permasalahan yang kerap terjadi pada burung kacer dalam rawatan hariannya. semoga bisa bermanfaat.


Labels: , ,