Header Ads

Beda jantan dan betina mozambik


Mozambik atau yellow-fronted canary [Serinus mozambicus] adalah burung kicauan dari keluarga Finch, dikenal di seluruh dunia dengan sebutan Green Singing Finch. karena kesamaannya dengan jenis finch lain termasuk burung kenari maka upaya memelihara dan menangkarkan burung jenis inipun tidaklah sesulit menangkar burung dari jenis pemakan serangga. bahkan sama seperti burung kenari, menangkarkan mozambik bisa dilakukan dalam sangkar gantung. 


Beda jantan dan betina 
Untuk mengetahui perbedaan antara burung jantan dewasa dengan burung betina dewasa dari mozambik ini bisa dilihat dari kalung yang melingkari bagian dadanya, pada burung jantan dewasa tidak terdapat pola garis hitam yang menyerupai kalung pada bagian dadanya sedangkan pada burung betina dewasa kalung ini begitu jelas terlihat. namun untuk membedakan burung ini waktu masih muda tidak bisa dilihat dari kalungnya karena baik jantan atau betina sama-sama memiki garis hitam dibagian dadanya yang menyerupai kalung, perbedaan fisik bisa dicermati dari warna bulunya dimana burung jantan berwarna kuning cerah dan burung betina memiliki warna kuning kusam, begitu juga pada burung dewasa.



Burung jantan ataupun burung betina sama-sama bisa berkicau, hanya saja kicauan jantan lebih bervariasi dan mirip suara kenari, sedangkan burung betina lebih pendek dan tidak bervariasi atau cenderung monoton dalam struktur lagunya. pada burung yang masih muda kemampuan berkicau mereka baik jantan ataupun betina adalah sama dan kadang burung betina lebih sering berkicau dibanding burung jantan, jadi sangat sulit sekali membedakan burung jantan dan burung betina dari kicauannya jika burung tersebut masih berusia muda atau belum berusia diatas 6 bulan. 

No comments

Powered by Blogger.