Amazon Parrot si burung pintar

Nuri amazon atau amazon parrots termasuk dalam genus Amazona dalam marga Psittacidae, dimana terdapat sekitar 25-30 spesis yang berbeda yang taxonominya masih menjadi perdebatan dan menjawab penasaran rekan-rekan kicaumania yang kebetulan memiliki dan memelihara burung ini yang bertanya bagaimana rawatan ,karakter serta penangkarannnya akan kita jelaskan segalanya disini. 

Semua anggota dari genus Amazona baik yang ukuran tubuhnya sedang hingga besar itu berasal dari Amerika selatan atau Amerika Tengah termasuk meksiko dan karibia. mereka relatif lebih pendek dengan ekor yang agak persegi.

kebanyakan burung nuri amazon ini didominasi warna hijau dan dihiasi warna-warna aksen yang mencolok, sama seperti nuri lainnya nuri amazon ini memiliki empat jari pada setiap kakinya dua mengarah kedepan dan dua lagi mengarah ke belakang dan ketangkasan kakinya termasuk salah satu yang hal yang mengagumkan dari burung nuri jenis manapun.


Amazon parrot taxonomy

Kingdom:      Animalia
Phylum:         Chordata
Class:            Aves
Order:           Psittaciformes
Family:          Psittacidae
Subfamily:    Psittacinae
Tribe:             Arini
Genus:           Amazona

Taxonomi dari nuri amazon ini masih menjadi perdebatan dan karena itulah sering terjadi perbedaan informasi.
  1. Black-billed Amazon-Amazona agilis
  2. Blue-cheeked Amazon - Amazona dufresniana
  3. Blue-fronted Amazon - Amazona aestiva
  4. Cuban Amazon or Rose-throated Parrot - Amazona leucocephala
  5. Festive Amazon - Amazona festiva
  6. Hispaniolan Amazon - Amazona ventralis
  7. Imperial Amazon - Amazona imperialis
  8. Kawall's Amazon -Amazona kawalli
  9. Lilac-crowned Amazon - Amazona finschi
  10. Mealy Amazon -  Amazona farinosa
  11. Orange-winged Amazon - Amazona amazonica
  12. Puerto Rican Amazon - Amazona vittata
  13. Red-browed Amazon -  Amazona rhodocorytha
  14. Red-crowned Amazon -  Amazona viridigenalis
  15. Red-lored Amazon - Amazona autumnalis
  16. Lilacine Amazon - Amazona autumnalis lilacina
  17. Red-necked Amazon -  Amazona arausiaca
  18. Red-spectacled Amazon -  Amazona pretrei
  19. Red-tailed Amazon - Amazona brasiliensis
  20. Scaly-naped Amazon - Amazona mercenaria
  21. St Lucia Amazon -  Amazona versicolor
  22. St Vincent Amazon - Amazona guildingii
  23. Tucumán Amazon  - Amazona tucumana
  24. Vinaceous Amazon  -  Amazona vinacea
  25. White-fronted Amazon -   Amazona albifrons
  26. Yellow-billed Amazon  - Amazona collaria
  27. Yellow-lored Amazon -  Amazona xantholora
  28. Yellow-crowned Amazon - Amazona ochrocephala
  29. Yellow-naped Amazon  - Amazona ochrocephala auropalliata
  30. Yellow-headed Amazon - Amazona ochrocephala oratrix
  31. Yellow-shouldered Amazon -Amazona barbadensis

Taxonomi dari Yellow-Crowned Amazon, Amazon ochrocephala, masih diperdebatkan. beberapa pihak berwenang melihatnya sebagai spesis tunggal dengan beberapa subspesis, sementara yang lain menganggap mereka menjadi tiga spesis terpisah : 
Belakangan anda akan bisa menemukan burung nuri amazon di Guadeloupe dan Martinique di Pulau Karibia, tetapi burung ini sekarang sudah punah dan mereka dianggap seebagai spesis hipotesis yang punah, karena masih belum jelas apakah mereka adalah spesis terpisah atau hanya merupakan subspesis saja karena itu jika anda menemukan nama Amazon Guadeloupe, Amazon Violacea atau Amazon Martinique, Amazon Martinica mereka itu hanya merupakan spesis hipotesis bukan nama ilmiah seperti yang dijelaskan oleh banyak orang.


Perawatan Amazon

Sebelum anda membeli burung nuri amazon,baik itu membeli dari rekan atau kerabat atau dipasaran apalagi dengan jalan mengimpor dari negara luar pastikan bahwa anda mengetahui dahulu peraturan internasional dan nasional yang berlaku mengenai spesimen penangkaran dan hewan liar dari spesis burung yang ingin anda pelihara ini.

Burung Nuri amazon ini termasuk jenis yang sangat cerdas dan sangat jinak, Bahkan burung inipun mampu menirukan suara manusia dengan fasih, mudah dilatih macam-macam atraksi dan bisa dilatih berhitung maupun menyebut dengan akurat nama-nama benda yang sebelumnya mereka dilatih untuk mengingat apa nama benda tersebut. kemampuan mereka bis adibilang hampir seimbang dengan Nuri Abu-abu afrika atau Africa Grey Parrot.

Adalah penting dalam perawatannya ini kita memberikan beberapa bentuk kayu-kayuan untuk mereka kunyah, karena nuri ini termasuk yang gemar mengunyah benda benda. dan untuk menjaga paruh dan kukunya dikandangnya juga harus disediakan blok mineral yang bisa mereka gunakan untuk mengasah paruh dan kuku mereka.

Nuri amazon bisa dimandikan dengan cara disemprot dengan air hangat ataupun memasukan bak mandi kedalam sangkar mereka. Beberpa burung bisa dengan cepat dilatih berbagai macam atraksi ataupun trik-trik tertentu, misalnya mengajari mereka untuk menuju tempat yang disediakan jika ingin membuang kotorannya ( semacam toilet :) )

Makanan Nuri Amazon

Dialam liarnya burung nuri amazon gemar makan kacang-kacangan, buah-buahan dan dedaunan , jadi merupakan hal yang sangat penting memberi burung anda makanan yang bervariasi untuk memastikan kesehatan yang optimal selama dipelihara dalam kandang baik untuk tujuan dipelihara atau ditangkarkan.

Anda juga bisa memberikan burung ini dengan tambahan suplemen atau vitamin sebagai sumber nutrisi disamping buah-buahan dan sayuran. Pemberian kacang-kacangan juga bisa bermanfaat tapi juga mesti diingat bahwa seekor burung nuri atau paruh bengkok yang kebanyakan diberikan kacang-kacangan atau biji-bijian yang kaya kalori seperti biji bunga matahari (kuaci) bisa menyebabkan mereka menjadi gemuk (obesitas) kecuali dibarengi dengan tingkah mereka yang bisa menghabiskan energi mereka seperti terbang dan jalan-jalan. Untuk menanmbah protein bisa diberikan keju lembut, telur rebus atau makanan olahan Egg Food.  Untuk buah sebaiknya hindari pemberian alpukat untuk burung paruh bengkok karena banyak yang menganggapnya sebagai racun untuk beberapa jenis burung.

Menangkarkan Nuri Amazon

Pada sebagian besar spesis nuri amazon ini membedakan antara burung jantan dengan burung betina adalah suatu hal yang mustahil karena mereka terlihat sama dan sulit diketahui perbedaannya. dan bagian sulit lainnya dari nuri menangkarkan burung ini adalah mencari burung yang benar-benar berjodoh , karena itulah dibutuhkan waktu yang lama untuk burung ini benar-benar mau berjodoh sebelum akhirnya bisa dikembang biakan.

Burung jantan biasanya sudah siap untuk ber-reproduksi ketika mereka sudah berumur satu tahun sementara untuk betina diperlukan waktu sekitar 3-5 tahun, bahkan burung nuri amazon yang tadinya sangat jinak pun bisa menjadi sangat agresif selama masa berkembang biaknya jadi bersiaplah menghadapi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Di dalam habitatnya mereka menggunakan paruh mereka yang kuat untuk melubangi batang pohon untuk dijadikan sebagai sarang tempatnya bertelur jadi dalam kandang penangkarannya pun anda bisa menggunakan kotak sarang ( glogok ) seperti halnya yang digunakan oleh burung paruh bengkok lainnya seperti lovebird hanya saja dalam ukuran yang lebih besar.

Burung betina akan bertelur sebanyak 2 - 4 butir telur berwarna putih dan akan mengeraminya sampai menetas selama 26 - 28 hari , dan setelah 70 - 100 hari anakannya sudah memiliki bulu yang lengkap dan siap meninggalkan sarangnya untuk mencari makannya sendiri.


Kesehatan Burung Nuri amazon

Sangat sulit untuk mendiagnosa penyakit yang sedang dialami oleh burung nuri amazon jadi disarankan untuk membawanya ke ahli burung atau dokter hewan jika burung anda terlihat sakit atau kurang sehat. 

berikut adalah tanda-tanda burung nuri amazon sedang mengalami kondisi kesehatan yang buruk:
  1. Apati
  2. Lebih banyak tidur ataupun juga kurang tidur dari biasanya
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Kehilangan berat badan
  5. Kebanyakan minum atau sedikit minum dari biasanya
  6. Mengacak-acak bulu
  7. Beristirahat dengan kepala berpaling
  8. Sering bersin bersin
  9. Keluar cairan dari lubang hidungnya
  10. Mata yang terlihat berair
  11. Perubahan bentuk dari kotorannya
  12. Burung Nuri amazon bisa terinfeksi psittacosis (demam yang sering dialami paruh bengkok) penyakit ini bisa menyebar kepada manusia.
Mengenai masalah burung paruh bengkok yang sering mencabuti bulu-buluny tidak mesti hal tersebut adalah karena kesehatannya yang buruk melainkan bisa juga menjadi sebuah tanda kebosanan atau kesepian.

Fakta menarik mengenai Nuri amazon

Tahukah anda harga burung nuri amazon di amerika serikat bisa mencapai 800 - 1600 US Dollar atau jika dikalikan dengan Rupiah yang berlaku saat ini adalah sekitar 7.680.000 - 15.360.000 Rupiah, untuk burung nuri hasil ternakan yang sudah bisa bicara harganya bisa lebih tinggi lagi.

Burung nuri amazon adalah burung yang harus selalu terkena sinar matahari, kekurangan cahaya matahari saja bisa menjadi masalah buat mereka sepreti hypcalcemia.

Bukan sesuatu hal yang biasa jika burung nuri amazon mendadak menjadi sangat berisik saat matahari terbit dan matahari terbenam.

Burung Nuri amazon bukan hanya pandai bicara bahasa manusia tapi juga pandai meniru suara burung lainnya.

Jangka hidup burung nuri amazon jika dirawat dengan baik bisa mencapai 40 - 60 tahun meski umur nya bisa relatif lebih panjang lagi yaitu hingga 119 tahun.


Semoga bermanfaat

Labels: ,