Makanan yang tepat untuk cockatiel

Bicara tentang burung cockatiel atau palk yang lazim disebut parkit australia, ternyata masih banyak juga kicau mania yang bingung dengan makanan apa yang harus diberikan pada burung tersebut.
sebagai panduan bagi anda yang berniat memiliki burung tersebut, disini akan saya sampaikan beberapa makanan yang sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari burung cockatiel.



MAKANAN YANG BAIK UNTUK COCKATIEL
Faktor yang penting tentang perawatan burung cocktail ini adalah mempertimbangkan tentang asupan gizi dalam pemberian makanan untuk cockatiel.
Seperti yang diketahui bahawa burung ini dikenal sangat pemilih dalam memilih makanannya sehingga sangatlah penting untuk tidak memaksakan cockatiel untuk memakan yang apa tidak diinginkannya.  jika burung hanya senang makanan lain diluar dari biji-bijian maka hal itu tidak menjadi masalah selama anda memberikan variasi pada makanannya tersebut.
Ketika memberikan makanan pada burung seperti buah atau sayuran, hal yang terbaik adalah mencincangnya kecil-kecil dan mencampurkannya dalam satu wadah, jadi dengan demikian mereka bisa memilih apa yang hendak dimakannya.

Air Minum 
Berikan air minum yang sudah matang dan bersih dan usahakan diganti setiap harinya dengan wadah air minumnya yang juga dibersihkan untuk menghindari tumbuhnya lumut atau jamur yang bercampur dengan air minumnya.

Biji-Bijian
Cokatiel menyukai biji-bijian seperti millet putih, biji bunga matahari atau kwaci, dan biji-bijian lain yang sama seperti yang diberikan pada burung sejenis paruh bengkok lain seperti parkit dan lovebird.

Sayuran 
Berikan tauge atau kecambah, bayam, lobak hijau, brokoli, tomat, parutan wortel, ubi ubian, jagung dsb.

Buah-Buahan.
Mangga, Pepaya, Apel, Pisang, Anggur, Jeruk dan pastikan bahwa buah-buahan tersebut tidak diberikan bersama dengan biji-bijinya karena ada sebagian buah-buahan yang memiliki biji yang tidak baik jika dimakan oleh burung.

Nah, mudah-mudahan dengan panduan ini anda tidak lagi kebingungan dalam memberikan makanan yang tepat untuk burung cockatiel.

Labels: , ,