Header Ads

Mengenal Burung Cardinal ( Virginia Nightingale )


Bulunya yang indah, gerakan yang anggun dan suara yang penuh power, spesis burung ini mampu melampaui smua kerabatnya di benua amerika, dikenal dengan nama burung merah, Nightingale Virginia dan Cardinal.bisa ditemui di wilayah wilayah yang masuk kedalam benua amerika termasuk bagian selatan serta semenanjung florida. sebagian besar bahkan bisa ditemukan di daerah Ohio, dengan penyebaran hingga ke indiana, illinois dan Missouri.ditemukan juga di wilayah perairan di Penncylvania dan New Jersey dimana mereka bisa berkembang biak di tetap disana sepanjang tahun hingga bermigrasi ke wilayah massachussets dan beberapa wilayah lainnya. 


Burung ini juga banyak ditemukan berkembang biak di Florida, dengan sarang yang tersembunyi dari binatang pemangsa atau predator, terkadang menyembunyikan sarangnya didalam rimbunan semak belukar, hingga di pinggir pinggir pagar perkebunan. sarangnya terbentuk dari rumput kering, jerami, kulit kulit pohon dan ranting ranting dari pohon anggur.dengan telur yang berjumlah empat hingga enam butir yang berwarna putih kusam dengan bintik berwarna zaitun kecoklatan. pada beberapa musim musim berkembang biak sering ditemukan burung burung cardinal muda yang baru keluar dari sarangnya masih mengikuti orangtua mereka hingga beberapa hari sampai meninggalkan keluarganya setelah mampu mencari makanannya sendiri.
Burung cardinal bermigrasi pada bulan maret dan biasanya bermigrasi bersama burung lain seperti burung gereja dll. cara bermigrasi mereka adalah melewati semak belukar atau phon rindang selama beberapa hari , melompat dari satu semak ke semak lainnya dan biasanya wisatawan memanfaatkan even ini sebagai salah satu bagian dari acara 'Bird Watching' atau wisata alam dengan mengamati berbagai jenis burung.menjelang petang biasanya burung yang sedang bermigrasi ini akan mencari daerah rawa untuk istirahatnya. Selama bermigrasi burung jantan akan mendahului burung betina sekitar sepuluh hari. 

Cardinal Betina dan Cardinal  Jantan
Menjelang musim gugur sering terlihat burung cardinak naik ke puncak puncak pohon tinggi dalam mencari buah buahan dan anggur. mereka sangat menyukai biji bijian termasuk benih jagung dan biji jewawut. seperti layaknya burung kenari yang sangat menyukai biji bijian sebagai makanan utamanya. 
-->
Burung ini sangat gampang dikembang biakan didalam kandang penangkaran, dengan cara penjodohan dan penangkaran yang sama seperti halnya menangkarkan burung kenari. hanya saja keindahan dan kilau dari warna burung ini akan lebih cepat pudar jika berada dalam sangkar.

Selama Musim Dingin burung cardinal sering terlihat terlihat di lahan lahan pertanian diantara burung perkutut, Gereja, Kutilang dan Burung pipit. Mengambil makanan di lumbung lumbung pertanian atau kandang unggas dan pada malam harinya sering terlihat berada diantara tumpukan jerami tertentu atau bergabung dengan burung lainnya diantara cabang cabang dari dahan pohon cemara.

Suara cardinal 

Lagu dari burung cardinal terdengar lebih lantang dari awal dan scara bertahap turun ke irama yang mengalun dan terus hingga terdengar sayup di kejauhan.

Jika anda ingin mendengarkan alunan suaranya silahkan klik tombol play dibawah ini atau klik Download jika ingin mendownload suaranya. 
Powered by Blogger.