Tips mengajari burung beo bicara

Beo adalah termasuk salah satu burung yang pintar menirukan suara sekelilingnya dengan cepat dan fasih. karena itulah burung ini banyak digemari oleh para penggemar burung kicauan terlebih beo nias yang termasuk salah satu burung dari jenis ini yang paling pintar dan cepat menangkap kalimat dengan fasihnya. sehingga menjadikan burung jenis ini semakin langka di alamnya dan membuat harganya kian melambung tinggi. 


Beo Nias 
Selama ini dipasar pasar burung yang banyak diperjual belikan adalah burung beo asal kalimantan yang mempunyai ukuran tubuh lebih kecil daripada beo asal nias atau medan. jika anda berniat memelihara beo untuk diajari bicara sesuai kehendak kita maka sebaiknya saya sarankan mencari burung beo yang masih anakan atau lolohan bukan yang muda hutan. karena kalau kita memelihara burung beo yang masih lolohan atau anakan akan lebih cepat bagi si burung menerima kata kata dari kita yang akan dianggap sebagai 'induk semangnya' dan dengan demikian kata kata yang mampu diucapkannya pun bisa dibilang akan lebih banyak dibanding memelihara burung beo dari muda hutan yang mana sebelum mengajari burung terebut bicara kita harus terlebih dahulu membuatnya jinak agar si burung merasa aman dan nyaman sehingga mampu merekam suara suara di sekitarnya.

Dalam merawat beo yang masih anakan atau muda hutan sebaiknya dicari beo yang memiliki kepala dan paruh yang besar karena diyakini burung beo dengan kepala dan paruh yang besar lebih cepat ngocehnya dan juga lebih pintar. dan cobalah perhatikan beo yang paling sering keluar suara seperti bergumam maka itulah yang dicari. 

Tips mengajari burung beo bicara : 
  • Pastikan setiap hari selalu menggantung  / menaruh kandangnya di tempat yang sama atau tidak dipindah pindah. 
  • Jauhkan dari burung kicauan yang semarga dengannya seperti burung jalak.  maksudnya agar burung beo lebih fokus merekam suara manusia atau sekelilingnya dibandingkan dengan suara kicau aslinya yang akan keluar terus setiap kali mendengar suara burung lainnya seperti burung jalak tersebut ( jalak suren, jalak kebo, dsb )
  • Sebaiknya ajari burung dengan kata / kalimat yang pendek terlebih dahulu, kumpulkan kalimat yang pendek tapi tegas lalu ajari burung beo dengan kalimat tersebut satu persatu setiap harinya. misalkan pada pagi harinya ajari dengan kalimat 'hallo' lalu sorenya ajari dengan kalimat yang lainnya, terus menerus secara rutin dan selang seling dan berurutan seperti contoh ajari kalimat A lalu B lalu C lalu balik lagi ke A lalu B dan seterusnya. dengan demikian burung akan lebih cepat mengerti. 
  • Tanpa kita sadari suara sekitar lingkungan kita secara tidak sengaja mau tidak mau akan direkam oleh burung ini oleh karena seringnya / rutinnya suara suara ini didengar oleh burung beo setiap harinya misalnya suara tukang dagangan atau suara lainnya yang rutin kita dengar setiap harinya lewat rumah kita akan lebih cepat direkam oleh burung ini. 
  • Sewaktu mengajari burung beo bicara bisa dengan menggunakan kaset / CD / mp3 dari suara beo yang sudah pintar ngomong dengan setelan volume yang sedang serta tidak ada noise atau desis yang mengganggu kualitas suara sewaktu memaster burung beo. agar si burung lebih konsentrasi / fokus mendengarkan kalimat yang diajarkannya bisa dengan mengkerodong kandangnya. 
  • Hindari mengajari burung beo dengan kalimat kalimat yang tidak pantas ,karena secara tidak langsung hal tersebut sangat berpengaruh besar terhadap kualitas dari burung, baik itu dari segi harga yang akan jatuh juga kualitas burungnya yang akan dianggap jelek oleh sebagian penggemar burung kicauan. 
  • Ajari makan nasi putih dan minum susu putih. mungkin sebagian besar kicau mania menganggap hal ini hanya sebagai pakan selingan tetapi yang berdasarkan pengalaman saya ternyata hal ini juga membuat burung beo lebih fasih dalam mengucapkan kalimat per kalimat tidak sepotong sepotong

-->

Mitos mengenai burung beo. 

Anggapan salah lainnya tentang burung beo adalah memotong lidahnya yang lancip sehingga jadi mirip dengan lidah manusia. dan menggosokan lidahnya dengan emas dengan harapan burung beonya akan lebih pintar ngomong. 

Boleh percaya boleh tidak dikabarkan bahwa burung beo tidak boleh diperlihatkan dengan jenazah / mayat / bangkai baik itu manusia ataupun binatang lainnya. karena ada anggapan bahwa burung ini jika melihat hal tersebut akan langsung stress dan berujung pada kematian. entahlah ,, tapi yang jelas anggapan tersebut masih tetap berlaku hingga saat ini. (@ariesmunandi)