Header Ads

Tips memilih burung bakalan


Beberapa waktu lalu seorang rekan saya bertanya mengenai bagaimana cara memilih burung bakalan biar hidup lebih lama dan cepat berbunyi. disini akan saya uraikan bagaimana memilih burung bakalan yang memiliki prospek yang lebih bagus kedepannya ( lebih cepat jinak, bunyi dan tentu saja bisa membanggakan yang punyanya ) .



Sewaktu membeli burung bahan/bakalan pastikan dahulu burung yang anda ingin beli tersebut adalah burung bukan hasil pancingan, jebakan dengan memberi racun pada makanan atau hasil tembakan baik dari batu (ketapel) ataupun lainnya. karena dikhawatirkan burung yang didapat dari cara cara demikian akan memiliki luka pada bagian dalam tubuhnya sehingga hanya akan berumur kurang dari seminggu. 

Pilih burung yang dalam kondisi sehat bisa dilihat dari gerakannya yang masih lincah, kedua sayapnya yang masih mengapit rapat serta bulu bulu yang tidak mengembang. karena jika burung dalam kondisi tidak sehat maka sesampai dirumah burung terlihat kurang bernafsu makan dan tentu saja hal ini berdampak pada kelangsungan hidupnya. 

Ulurkan tangan anda dan lihatlah burung yang mengikuti arah gerakan tangan anda itulah yang terlihat lebih agresif biasanya dengan pandangan mata yang waspada. burung seperti itulah yang memiliki prospek bagus untuk dipelihara karena diyakini memiliki mental yang lebih bagus dibanding burung yang ketakutan menabrak jeruji sangkarnya. 
cari burung yang sudah mau ngoceh biarpun cuma sebentar. yup itulah yang dicari selama ini burung yang mau bersuara dalam kondisi apapun, oleh karena itulah sewaktu dipasar burung niat kita bukan membeli tahu tempe yang begitu ada barangnya langsung kita ambil dan bawa kerumah, ini burung bung .. :) 
luangkan waktu beberapa saat di pedagang burungnya sambil ngajak ngobrol pedagannya siapa tahu mau berbaik hati dan lantas memberikan diskon spesial, hehehe 
Tunggulah beberapa saat dan pantaulah terus burung bahan incaran anda, lihat gerakannya cara makannya serta tunggulah hingga benar benar mau bunyi. tetapi biarpun sudah lama anda tunggu dan burung tetap tidak mau bunyi mungkin sudah waktunya beralih ke burung lainnya kecuali kalau naluri atau perasaan anda mengatakan 'inilah burung yang cocok' silahkan bungkus dan bawa kerumah tentu saja setelah diberi diskon oleh pedagangnya :) 

Perhatikan burung yang mau makan dan minum terlebih burung yang mau mandi didalam cepuk minumnya berarti burung tersebut sudah mau beradaptasi dengan lingkungan sangkarnya dan tentu saja burung bakalan yang demikianlah yang tidak akan membuat susah kita dalam merawatnya baik dari memberinya latihan makan voer ataupun melatihnya mandi di karamba. 

Saya kira cukup panduan memilih burung bakalan di pasar burung sebagai patokan dalam mencari burung bakalan yang benar benar memiliki prospek kedepannya. untuk panduan bagaimana melatih bakalan mau makan voer bisa dilihat kembali artikel ini :  Tips melatih burung bakalan mau makan voer
Sedangkan untuk panduan bagaimana merawat burung bakalan bisa buka disini : 
Terima kasih atas perhatiaanya. salam kicau

1 comment:

Powered by Blogger.