Header Ads

Tips membersihkan sisik kaki yang tebal pada burung

Membersihkan sisik pada kaki burung memang sangat beresiko, terutama pada burung yang sudah mapan / jadi. dengan dicabutnya sisik kaki burung tersebut akan menimbulkan masalah baru pada burung yaitu stress dan kemurungan atau bahkan bisa membuat burung jinak menjadi giras. tetapi bagaimana jika burung terebut memiliki ring dikakinya dan jika didiamkan maka keberadaan ring tersebut justru akan membuat sakit si burung, cara terbaik adalah melepas ring tersebut bagaimanapun caranya, bisa dengan jalan memotong ringnya atau menggergaji ring di kaki siburung hingga terlepas , dan ada juga cara yang ekstrem yaitu membersihkan sisik pada kaki burungnya dan berikut ini adalah beberapa cara membersihkan sisik pada kaki burung yang kebetulan saya dapatkan dari berbagai sumber media online yang mungkin termasuk cara paling aman. 


Membersihkan dengan air hangat 
Pegang burung dengan tangan hingga siburung merasa nyaman dan dengan posisi kaki burung berada diatas. 
Basahi kakinya dengan air hangat atau bisa juga dengan yang sudah dicampur dengan garam secukupnya lalu perlahan kupas sisik satu persatu hingga mengelupas sambil tetap dibasahi dengan air hangat atau yang sudah dicampur dengan garam tadi.
setelah itu masukan burung kedalam karamba mandinya. 
Setelah proses tersebut biasanya burung akan dalam kondisi stress dan tidak berbunyi selama beberapa hari, oleh karena itulah burung harusnya langsung disendirikan dengan pemberian EF yang full terus terusan hingga kondisi burung balik lagi ke normal ( rajin bunyi ).

selain dengan air hangat, air garam hangat bisa juga menggunakan minyak tawon yang dioleskan ke sisik kaki dari siburung tersebut, biasanya dalam beberapa hari sisik tersebut akan mengelupas dengan sendirinya. 
semoga ulasan yang singkat ini bisa bermanfaat bagi kicaumania bogor dan sekitarnya :) 
Powered by Blogger.