Mnenjinakan burung paruh bengkok dengan wingclipping


Menjinakan burung paruh bengkok lebih mudah dengan jalan memberi ' wing clipping' pada sayap sayapnya , yaitu memotong bulu sayap yang menjadi bulu sayap untuk terbang tinggi. wing clipping ini pun tidak sekedar asal potong saja . dalam memotong bulu sayap burung ini kita harus mengetahui terlebih dahulu dimana letak bulu sayap yang digunakan burung untuk terbang tinggi dan dalam kasus ini kita hanya akan memotong tiga lembar bulu sayap saja yang disebut dengan bulu sayap besar. dengan demikian burung masih tetap memiliki kemampuan terbang meski cuma terbang rendah dan tidak mengganggu aktifitas siburung didalam sangkarnya seperti loncat kesana kemari dengan bebasnya. 

Dengan pemotongan bulu sayap itulah maka secara otomatis burung paruh bengkok akan lebih bergantung kepada kita, dengan demikian mempermudah bagi kita dalam menjinakan dan melatih si burung sesuai dengan kemauan kita. 

Berikut beberapa macam cara pengguntingan bulu sayap atau wingclipping






Proses penjinakan burung paruh bengkok sendiri tidaklah dilakukan didalam sangkarnya tetapi dilakukan diluar sangkar yaitu dengan jalan memegang si burung lalu melepas di hadapan kita, biarkan si burung beberapa saat berjalan atau terbang, lalu kita tangkap untuk di elus elus pada bagian lehernya lalu kemudian dilepas lagi begitu seterusnya selama beberapa hari. 

cara mandinya pun harus dengan cara sambil memegang siburung lalu mengusap tubuhnya dengan air secara perlahan dengan lembut. hingga si burung benar benar basah kuyup lalu setelah itu burung bisa kembali dimasukan kedalam sangkarnya untuk diangin anginkan dan pada waktu itulah kita bisa mencoba memberi makanan dengan tangan kita. caranya basahi ujung jari kita dengan sedikit air lalu dicelupkan ke dalam cepuk makanan yang berisi biji bijian hingga biji bijiannya menempel dijari kita lalu kita berikan pada si burung , lakukan terus secara konsisten dan terus menerus tiap hari sampai si burung mau mengambil makanannya dari jari kita. 
Penjinakan akan berhasil setelah burung tidak lagi menggigit tangan kita sewaktu kita memegangnya dan tidak lagi berlari/terbang menghindar sewaktu kita mencoba memegangnya dan dengan demikian bisa berlanjut ke proses pelatihan. dan untuk tahap pelatihan ini akan di ulas pada edisi berikutnya :)

Video cara menggunting bulu sayap ( wing Clipping ) yang baik dan benar



Dengan cara demikian dalam kurun waktu tidak lebih dari dua minggu burung paruh bengkok akan lebih cepat jinak dan lebih mudah dilatih. bahkan siburungpun bisa kita bawa jalan jalan atau beraktifitas lainnya dengan menenggerkan si burung di pundak kita. 

0 comments :

Post a Comment